Penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 11,10, 8, dan 7

Artikel ini ditujukan bagi pengguna sistem operasi windows yang sering mengalami masalah saat menjalankan atau membuka aplikasi. Untuk itulah saya akan membahas Jenis dan penyebab aplikasi yang tidak bisa dibuka bagi pengguna sistem operasi windows, baik itu Windows 11,10, 8, dan 7.

penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di Windows

Jenis aplikasi yang tidak bisa dibuka di Windows

Berikut ini adalah jenis permasalahan yang sering terjadi pada windows yang membuat program tidak bisa dibuka

Aplikasi tidak respons saat di klik (double klik)

Penyebab permasalahan ini biasanya terjadi karena service Windows yang tidak dijalankan, atau karena file aplikasi yang korup atau rusak. Solusinya adalah cobalah untuk merestart atau program dibuka melalui Run as Administrator.

Aplikasi tidak bisa dibuka dengan Run as Administrator

Setiap aplikasi di Windows bisa kita jalankan melalui administrator. Tapi jika terjadi masalah aplikasi tidak bisa dibuka saat kita jalankan dengan akses administrator, maka untuk permasalahan ini kemungkinan besar aplikasi tersebut benar-benar bermasalah sehingga perlu install ulang program.

Aplikasi tidak bisa dibuka melalui Taskbar

Ketika aplikasi dari shortcut yang ada di taskbar tidak bisa dibuka, maka permasalahan ini biasanya sering di alami oleh pengguna Windows dengan dual-monitor.

Aplikasi tidak bisa dibuka setelah update Windows

Setelah kita melakukan update aplikasinya, terkadang malah tidak bisa dibuka. Hal ini bisa terjadi karena masalah kompatibilitas atau ada bug.

Aplikasi tidak tampil pada desktop Windows

Terkadang beberapa aplikasi memang tidak ditampilkan di desktop setelah instalasi. Kita dapat menampilkannya dengan membuat shortcut dari aplikasi tersebut.

Aplikasi stop working atau not responding ketika dibuka

Saat kita menjalankan aplikasi pada pada komputer atau laptop, secara tiba-tiba aplikasi tersebut berhenti. Hal ini ditandai pada bagian atas bar yang muncul keterangan not responding atau has stopped working. Hal ini biasanya karena membuka banyak aplikasi atau multitasking yang berlebihan, yang tidak diimbangi dengan sumber daya computer atau laptop. Namun penyebab permasalahan ini juga dikarenakan terdapat bugs pada aplikasi atau program, corrupt, dan virus.

Penyebab aplikasi yang tidak bisa dibuka di Windows

Berikut ini adalah penyebab yang sering terjadi pada windows yang membuat program tidak bisa dibuka atau error.

Sistem Windows yang bermasalah

Setelah melakukan update Windows maka akan mempengaruhi sistem dalam memaksimalkan kinerja program yang terinstall sehingga program di dalamnya juga ikut bermasalah.

Adanya Virus yang menyerang program atau aplikasi

Untuk penyebab permaslahan ini pastikan untuk mengaktifkan real-protection untuk menjaga komputer tetap aman dari serangan virus.

Program aplikasi ada yang corrupt

Solusinya dari permasalahan ini adalah menginstall ulang program tersebut jika program tidak respons atau tidak optimal ketika dibuka.

Terdapat bugs pada program

Solusinya dari permasalahan ini adalah mengupdate program tersebut atau pilih program dengan versi yang lebih stabil.

Program aplikasi tidak support

Anda perlu memastikan kembali program tersebut cocok dengan versi Windows yang digunakan, bisa dari sumber daya komputer, versi bit, versi Windows dan lain-lain.

Komponen inti sistem yang kurang/ bermasalah

Komponen inti seperti NET,Framework,DirectX, dan lain-lain yang tidak update terkadang juga menyebabkan program tidak berjalan optimal. Hali ini dikarenakan setiap program memiliki Sistem requirements yang berbeda-beda, oleh sebab itu program atau aplikasi tersebut membutuhkan komponen inti yang terbaru.

Setelah kita mengetahui Jenis dan penyebab aplikasi yang tidak bisa dibuka bagi pengguna sistem operasi windows, baca juga artikel selanjutnya yaitu Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Windows

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top