Penyebab dan cara memperbaiki laptop yang mati total

Masalah kerusakan laptop yang paling krusial adalah mati total. Salah satu penyebab laptop yang mati total adalah Pengaruh panas yang berlebihan. Maka kalau dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada prosesor. 

Laptop merupakan alat elektronik yang dapat membantu kita bekerja dirumah atau di kantor, Penggunaan laptop sebaiknya di sesuaikan dengan  keperluan, contoh jika spesifikasi laptopnya hanya bisa suport untuk aplikasi office maka jangan dipakai untuk editing ataupun gaming.

BACA JUGA : cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi

Apalagi jika prosesornya sudah onboard, maka akan susah untuk menggantinya dan kalau di servicepun tentunya akan mahal. Bahkan harga perbaikan atau penggantian prosesor hampir sama dengan mengganti motherboard baru.

Penyebab laptop yang mati total

Permasalahan pada Baterai

Jika sumber daya laptop dihasilkan dari baterai, kemungkinan baterai mengalami kehabisan daya. Tapi setelah menghubungkan laptop dengan adaptor listrik, masih tidak mau menyala.

Permasalahan pada Power Supply

Jika lampu indikator mati, sedangkan adaptor dalam keadaan normal, maka periksa Socket DC yang menancap pada laptop. Soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil atau mengalir dengan benar ke dalam komponen laptop. Sehingga laptop tidak akan bisa menyala dengan benar.

Permasalahan pada RAM

Jika lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin masih berjalan dengan baik namun pada layar tidak ada tampilan apapun, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan RAM. Coba lepaskan RAM dan bersihkan pinnya dengan menggosokan pada penghapus pensil, lalu pasang kembali. Pasang dengan socket yang berbeda jika terdapat dua socket RAM pada mainboard laptop.

Permasalahan Pada Adaptor

Cek lampu indikator tidak menyala, kemungkinan kerusakan karena adaptor. Periksa sambungan kabel adaptor karena sering terjadi kabel power bermasalah (putus sambungan) akibat pemakaian adaptor yang kurang hati-hati. Coba ganti adaptornya dengan menggunakan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop kalian. Jika adaptor serta kabelnya normal maka permasalahan bisa disebabkan karena kerusakan komponen power.

Permasalahan Pada Processor

Processor merupakan komponen otak laptop dan komputer. Jadi ketika processor mengalami kerusakan, dia kehilangan kontrol dan tidak mampu memberikan perintah pada komponen lain untuk bekerja maksimal.

Permasalahan Pada Motherboard

 

Penyebab laptop mati total lainnya yakni Motherboard atau mainboard memiliki peran sebagai komponen induk yang menjadi tempat utama untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lain agar menjadi satu kesatuan. Kerusakan sering ditandai dengan adanya bunyi “bip”

Motherboard termasuk komponen yang jarang mengalami kerusakan, namun harus tetap waspada. Apa saja penyebab-penyebab kerusakan yang akan timbul, antara lain:

  1. Overheating pada komponen CPU
  2. IC komponen terbakar
  3. Suplai listrik tidak stabil
  4. Overclocking pada komponen CPU
  5. dll

cara memperbaiki laptop yang mati total

  1. Lepas dan ganti baterainya dengan yang lain, jika laptop nya masih mati, lanjut ke langkah berikutnya
  2. lepas baterai laptonya dan kembali dinyalakan tanpa terhubung baterai, berarti langsung memakai adapter ke jaringan listrik, jika laptop nya menyala maka kerusakannya ada pada baterai, namun jika masih mati silahkan lanjut ketahap berikutnya
  3. Periksa tegangan output power adaptornya, sekitar 19 VDC. jika tegangan outputnya tidak keluar atau dibawah 19VDC maka kerusakan nya ada pada adaptor
  4. Bila tegangan outputnya 19 VDC, maka lanhkah selanjutnya adalah melepaskan semua komponen yang terhubung dengan motherboard seperti RAM, kipas, HDD/SDD,DVD/CD-ROM, wireless card dll
  5. Hubungkan satu-persatu perangkat yang tadi dilepas sampai mendapat tegangan 19 VDC sehingga kita menemukan perangkat yang menimbulkan masalah

Jika langkah diatas masih belum membuahkan hasil, berarti ada komponen motherboard yang rusak.Terlebih lagi jika kerusakannya terdapat pada IC di motherboardnya, maka perlu pemahaman tentang elektronika untuk menangani salah satu komponen motherboard ini. 

Untuk mengetahui jenis kerusakan IC pada motherboard laptop silahkan baca  :  Analisa komponen IC pada motherboard 

Seperti pada pembahasan diawal tadi, langkah mudah dalam mengatasi masalah pada komponen motherboard yang rusak adalah dengan mengganti satu set motherboardnya, namun akan memakan biaya yang lebih besar. 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top