Perbedaan 8 bit dan 10 bit ADC

Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan 8 bit 10 bit adc. Terdapat 2 jenis ADC yang sering dijumpai pada mikrokontroler AVR yaitu adc 8bit dan 10bit, untuk mempermudah pemahaman, mari kita mengenal apa itu Bit dan ADC

Apa itu ADC ?

ADC merupakan kepanjangan dari Analog to Digital Converter adalah cara untuk merubah data analog menjadi data digital. Dalam sistim digital tegangan maksimal yang dapat diproses adalah 5 Volt, sehingga tegangan yang dapat dirubah harus 5 Volt.Ā 

Baca juga : ADC (Analog to Digital Converter) : Pengertian & Prinsip Kerja Rangkaian

Apa itu Bit ?

Bit adalah kependekan dari “Binary Digit”, yang artinya digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Hanya 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1. Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner.

Analog to Digital Converter (ADC) 8 bit

Pada adc 8 bit, tegangan 5 Volt direpresentasikan menjadi angka 255 dalam desimal, sedangkan 0 Volt direpresentasikan menjadi angka 0 dalam desimal. 8 bit merupakan 28 = 256.

Pada adc 8 bit nilai yang dimiliki hanya sampai 255 ? karena dalam sistim digital angka 0 juga dihitung sehingga jumlahnya sama dengan 256.

Analog to Digital Converter (ADC) 8 bit

Pada saat tegangan masukan sebesar 2,5 Volt maka adc akan merepresentasikan 127 dalam bilangan desimal, sehingga setiap terjadi perbesaan tegangan maka representasi adc dalam bilangan desimal berbeda pula.

Adc 8 bit mempunyai ketelitian 0.0196 Volt karena 1 angka desimal mewakili 0.0196 Volt.

Analog to Digital Converter (ADC) 10 bit

Sebenarnya antara adc8 dan 10bit tidak ada perbedaan yang banyak, hanya saja adc 10bit memiliki ketelitian yang lebih baik. Perhatikan gambar berikut ini.

Pada adc 10 bit tegangan 5 volt direpresentasikan menjadi angka 1023 dalam desimal, sedangkan 0 Volt akan direpresentasikan menjadi angka 0 dalam desimal. 10 bit merupakan 210 = 1024 .

mengapa tegangan 5 Volt hanya direpresentasikan menjadi angka 1023 bukan 1024? dalam sistem digital angka 0 juga dihitung sehingga 0 sampai 1023 itu menjadi lengkap 1024 jumlahnya.

Begitu pula pada saat tegangan masukan sebesar 2.5 Volt maka adc akan merepresentasikannya kedalam bilangan desimal menjadi 511. Adc 10 bit memiliki ketelitian yang lebih tinggi daripada adc 8 bit karena 1 angka desimal dalam adc 10 bit  mewakili tegangan sebesar 0,00489 Volt.

BACA JUGA : Teori Data logger

Pertanyaan seputar 8 bit dan 10 bit

Kelebihan dan kekurangan antara ADC 8 bit dan 10 bit ?

Pada frequensi kerja yang sama Adc 8 bit lebih cepat dari pada Adc 10 bit walaupun hanya terpaut waktu dalam micro second(us) maupun nano second(ns) karena frequensi sampling adc 8 bit lebih sedikit dari pada adc 10 bit.

Apakah kelebihan yang dimiliki ADC 10 bit?

Adc 10 bit memiliki ketelitian yang lebih baik dari pada Adc 8 bit.

Apakah ada perbedaan ADC dalam penggunaannya ?

Kalau yang biasa saya lakukan, saya menggunakan Adc 10 bit pada alat seperti pengukur suhu, pengukur intensitas cahaya, dll., yang pada intinya memerlukan ketelitian yang lebih. 

Kapan kita menggunakan Adc 8 bit ? 

Ketika saya membuat robot line follower karena Adc 8 bit memiliki kecepatan yang tinggi dibandingakan dengan adc 10 bit, supaya garis dapat dideteksi lebih cepat. 

Semoga bermanfaat …..šŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top