Potensiometer : Pengertian Jenis, Fungsi dan Cara Kerja

Pada artikel merupakan penjelasan potensiometer secara lengkap, dimulai dari Pengertian, Jenis jenis, Fungsi dan cara kerja dan aplikasi potensiometer sebagai pembagi tegangan. Mari simak penjelasannya sebagai berikut :

Pengertian Potensiometer

Potensiometer adalah salah satu sensor potensiometrik yang biasa disebut dengan transduser, karena potensiometer mempunyai sifat elektromekanik yaitu memiliki elemen tahanan yang dihubungkan oleh sebuah kontak geser yang dapat bergerak.

Potensiometer adalah variable resistor tiga terminal yang besar hambatannya atau nilai resistansinya dapat di setel. Namun pada potensiometer juga ada yang menggunakan dua terminal. Jika terdapat potensiometer yang dua terminal, kita bisa menggunakannya dengan cara salah satu dari terminal tetap dan terminal satunya di geser.

Jenis potensiometer berdasarkan bentuknya

  1. Slider, Nilai resistansi dapat disetel dengan menggeser wipernya dari kiri ke kanan atau dari bawah ke atas
  2. Rotary, Nilai resistansi yang bisa diatur dengan memutar wipernya sepanjang lintasan yang melingkar
  3. Trimmer, Nilai resistansi diatur dengan memutar menggunakan obeng, yang biasanya terhubung langsung di PCB
fungsi potensiometer adalah

Fungsi Potensiometer

potensiometer berfungsi untuk :

  • Sering digunakan untuk aplikasi pengaturan volume suara pada perangkat Sound atau mixer
  • Mengatur resistensi, tegangan, dan arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik.
  • Pembagi Tegangan
  • Pengendali level sinyal

BACA JUGA : Jenis dan contoh rangkaian Toggle Switch

Pinout Potensiometer

Gambar dibawah ini merupakan pinout dan simbol dari potensiometer

fungsi potensiometer adalah

Seperti pada pada gambar di atas, potensiometer memiliki tiga terminal. fungsi dari tiap terminal Potensiometer adalah sebagai berikut.

  • Terminal 1 dan 2 sebagai Vcc atau GND, bisa bolak-balik
  • terminal 2 sebagai output

Cara Kerja dan fungsi Potensiometer sebagai pembagi tegangan

Potensiometer mempunyai fungsi dan cara kerja seperti resistor yaitu mengubah nilai dari sebuah hambatan secara linier, semakin besar resistansi (ohm) maka Vout semakin kecil, dan sebaliknya semakin resistansi maka Vout semakin besar. Salah satu fungsi pengaplikasian dari potensiometer yaitu dapat membagi tegangan menggunakan potensiometer seperti skema rangkaian di bawah ini.

Skema rangkaian pembagi Tegangan

 

Pada skema rangkaian pembagi tegangan di atas, merupakan salah satu fungsi dari potensiometer yaitu dapat membagi tegangan. terlihat pada skema ini hanya terdapat satu resistor di potensiometer. Akan tetapi slider dari potensiometer membagi resistor menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Bagian atas sebagai R1 dan bagian bawah sebagai R2. Persamaan aturan pembagi tegangan adalah

Begitulah penjelasan singkat tentang potensiometer, dimulai dari Pengertian, jenis, Fungsi dan cara kerja dan aplikasi potensiometer sebagai pembagi tegangan. terima kasih dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top