Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana

Rangkaian alarm kebakaran sederhana adalah suatu rangkaian yang berfungsi untuk mengetahui adanya bahaya kebakaran dengan mengaktifkan suara alarm dengan bel.  Rangkaian ini menggunakan sensor yang peka terhadap panas yaitu Thermistor atau NTC (Negative Temperature Coefisient). 

Ada banyak hal yang memicu timbulnya kebakaran seperti korsleting listrik, puntung rokok, obat nyamuk bakar, korek api, kompor gas dan lain sebagainya.  Kebakaran sering kali terjadi baik itu di rumah, ruko, pabrik dan perkantoran dan lain-lain. Oleh sebab itulah kita memerlukan sebuah alat peringatan dini akan adanya kebakaran sebagai antisipasi yang bisa terjadi sewaktu-waktu

Baca juga : Rangkaian dimmer lampu led

Alarm pendeteksi kebakaran & sensor asap sebagian besar digunakan dalam sistem keamanan, penerapannya tidak hanya terbatas pada industri tetapi juga bangunan komersial, perkantoran, bioskop, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya.

Komponen Yang diperlukan

Berikut ini beberapa komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat Rangkaian Alarm Kebakaran.

KomponenNilaiJumlah
PCB1
Baterai9 v1
Kabel Jumper1
ICLM3581
Termistor10k1
Trimmer Pot10K1
Resistor10K1
Bel1

Pinout LM358

Baca Juga : Rangkaian alat pengusir nyamuk

Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana

Di bawah ini kami tampilkan gambar skema rangkaian yang dapat anda gunakan sebagai panduan jika ingin membuat Alarm pendeteksi kebakaran & sensor asap.

rangkaian alarm kebakaran sederhana

Penjelasan Kerja

Cara kerja rangkaian alarm sederhana ini menggunakan Termistor NTC 10k untuk mendeteksi kebakaran dan penguat operasional LM358 dalam mode komparator.

Baca Juga : Rangkaian dimmer AC 220V pada lampu dan motor listrik

Ketika suhu ruangan atau area meningkat maka resistansi termistor akan berkurang, termistor dihubungkan sebagai pembagi tegangan ke masukan Non-Inverting sehingga nilainya lebih besar dari pada masukan inverting sehingga menghasilkan keluaran. komparator menjadi tinggi dan mengaktifkan suara dari bel.

Aplikasi dan Kegunaan

  • Sistem keamanan
  • Bangunan komersial
  • Kantor
  • Pusat Perbelanjaan
  • Tempat Umum
  • Dan lain-lain

Begitulah tutorial tentang rangkaian alarm kebakaran & sensor asap sederhana yang dapat anda buat tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top