Rangkaian Alat Detektor Logam Sederhana

Rangkaian Alat Detektor Logam Sederhana – Detektor logam atau disebut juga dengan metal detector adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mendeteksi logam apa pun yang ada di dekatnya. Detektor logam ini digunakan di banyak tempat seperti seperti pusat perbelanjaan, hotel, dll yang sebagian besar digunakan petugas keamanan untuk mendeteksi perangkat logam seperti senjata api, pisau, dll.

Baca Juga : Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

Pada artikel kali ini kita akan membuat rangkaian alat detektor logam sederhana menggunakan IC Timer 555. Rangkaian ini dirancang khusus untuk sistem keamanan menggunakan sensor jarak. Hal ini karena detektor logam sangat berguna untuk mendeteksi keberadaan benda tersembunyi di dalam benda.

Komponen yang diperlukan

Berikut ini beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat Rangkaian detektor logam / metal detector

  • PCB
  • Battery 9v
  • IC NE555 Timer
  • Resistor 47kΩ
  • Elco 10uF
  • Elco 2.2uF (2 buah)
  • Buzzer 8 ohm 
  • Kawat tembaga 150 m (ukuran apa pun)

Skema Rangkaian Detektor Logam

Di bawah ini kami tampilkan gambar skema rangkaian yang dapat anda gunakan sebagai panduan jika ingin membuat Alat Detektor Logam Sederhana.

rangkaian alat detektor logam

Cara Kerja Rangkaian Alat Detektor Logam

Pada dasarnya detektor logam merupakan perangkat elektronik yang dilengkapi osilator. Osilator ini menghasilkan arus AC. Arus alternatif kemudian melewati kumparan. Dan selanjutnya menghasilkan medan magnet bolak-balik.

Baca Juga : Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana

Jika ada bagian logam yang dekat dengan kumparan, maka akan menghasilkan arus eddy pada logam tersebut. Hal ini akan menghasilkan medan magnet tersendiri pada logam. Kumparan mengamati perubahan medan magnet.

Komponen utama rangkaian detektor logam ini adalah osilator LC, sensor jarak, dan LED atau buzzer. Rangkaian LC merupakan gabungan induktor dan kapasitor secara paralel. Ketika ia merasakan benda logam di dekatnya, maka akan mengaktifkan sensor jarak. Sensor jarak ini akan menyalakan LED atau mengeluarkan bunyi pada buzzer.

Aplikasi Metal Detector

  1. Kendaraan robot detektor logam menggunakan Teknologi RF
  2. Keperluan keamanan di bank, pusat perbelanjaan, dll
  3. Kendaraan robot detektor logam yang dioperasikan oleh aplikasi android

Begitulah cara membuat rangkaian detektor logam sederhana. Semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top