Rangkaian alat pengusir nyamuk

Rangkaian alat pengusir nyamuk – Ada banyak yang dapat kita lakukan untuk mengusir nyamuk seperti obat nyamuk bakar, matras, losion, dan krim. Namun dari berbagai jenis pengusir nyamuk ini juga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk itulah pada tutorial saya akan membuat rangkaian alat pengusir nyamuk sederhana yang tentunya obat nyamuk elektronik dapat dibuat dengan mudah dan ini lebih aman dan efisien.

Prinsip kerja dari rangkaian alat pengusir nyamuk ini adalah dengan menghasilkan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang tidak terdengar oleh manusia, namun dapat didengar oleh hewan seperti nyamuk dan serangga tertentu.

Manusia dapat mendengarkan suara yang memiliki frekuensi 20 Hz hingga 20KHz, jika suara tersebut kurang atau lebih dari frekuensi ini tidak dapat didengar.

Pada rangkaian ini menghasilkan gelombang suara dengan frekuensi lebih dari 20KHz yang dapat didengar oleh nyamuk ataupun serangga lain. Hal ini akan menimbulkan tegangan pada antenanya dan mengusirnya.

Komponen yang digunakan

Berikut ini komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat Rangkaian alat pengusir nyamuk.

KomponenNilaiJumlah
Transistor2N39042
Resistor1,5K, 100K2, 2
Elemen piezo1
Kapasitor Keramik560pF, 2nF1, 1
Baterai1.5V-3V1
Klip Baterai1
PCB1
Kabel Jumper1

Pinout 2N3904

Rangkaian Pengusir Nyamuk 1

Rangkaian alat pengusir nyamuk

Penjelasan Kerja

Dua transistor dihubungkan sebagai multi-vibrator yang mana mulai secara bergantian setelah diberikan tegangan. Peralihan bergantian terjadi karena kedua kapasitor yang dihubungkan dengan transistor, keduanya diisi dan dikosongkan secara bergantian. Baik kapasitor dan transistor saling melengkapi untuk mempertahankan osilasi.

Nilai resistor dan kapasitor menentukan frekuensi osilasi. Frekuensi yang dihasilkan ini menggerakkan elemen piezo, sehngga menghasilkan suara frekuensi tinggi. Rangkaian ini membutuhkan tegangan 1,5 hingga 3V DC untuk beroperasi.

Rangkaian Pengusir Nyamuk 2

Selain rangkaian diatas, berikut saya lampirkan rangkaian alat pengusir nyamuk sederhana yang lain, namun memiliki prinsip kerja yang sama yaitu menghasilkan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang tidak terdengar oleh manusia

Rangkaian alat pengusir nyamuk

Cara kerja rangkaian

Pada gambar skema rangkaian diatas menggunakan_dengan dua transistor (Q1 & Q2) dirangkai sebagai multivibrator bistabil yang menghasilkan frekuensi suara.

Adapun suara dari rangkaian ini ditentukan oleh dua resistor (R2, R3) dan dua kapasitor (C1, C2) yang mana terhubung ke basis transistor.

Frekuensi yang suara keluar dari kaki kolektor transistor Q2 akan diteruskan ke speaker piezoelektrik untuk memancarkan gelombang suara ke udara pada radius 5 meter.

Aplikasi dan Kegunaan

Rangkaian ini berfungsi sebagai rangkaian pengusir nyamuk ataupun sebagai pengusir serangga lain, melalui beberapa modifikasi dan perubahan nilai resistor dan kapasitor. Kegunaan lain dari rangkaian ini adalah rangkaian alarm buzzer sederhana.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top