Rangkaian dimmer lampu led

Pada tutorial kali ini saya akan membuat rangkaian dimmer lampu led sederhana menggunakan IC Timer 555. Adapun input tegangan pada rangkaian ini menggunakan 9VDC dan 12VDC. Prinsip kerja yang mendasari rangkaian dimmer lampu led adalah Pulse Width Modulation (PWM) dengan menggunakan IC Timer 555. Teknik PWM digunakan untuk meredupkan LED. Saat daya dibatasi maka lampu akan menjadi redup. Begitu juga sebaliknya, jika daya tidak dibatasi maka lampu akan menjadi kembali terang.

Pengertian dan cara kerja rangkaian dimmer lampu led

Light dimmer merupakan sebuah rangkaian yang digunakan sebagai pengatur nilai suplai daya yang di pasang pada lampu ruangan. Pada rangkaian elektronika, PWM mempunyai peran penting dalam mengendalikan banyak rangkaian. Dengan menggunakan teknik PWM ini, kita dapat mengatur jumlah daya yang dikirimkan ke perangkat dengan cara mengontrol lebar pulsa sinyal.

Oleh karena itu kita dapat dengan mudah mengontrol perangkat seperti mengontrol kecepatan motor DC, menghasilkan sinyal analog dari mikrokontroler, joystick, dan mengatur redup dan terangnya lampu atau LED.

Komponen dimmer lampu led baterai 9V

Berikut ini merupakan komponen dan alat yang akan digunakan dalam membuat rangkaian dimmer led baterai 9V.

Skema dan Rangkaian Kerja dimmer baterai 9V

Pulse Width Modulation (PWM) digunakan untuk mengatur I/O dari rangkaian Dimmer untuk memberikan efek peredupan pada lampu LED.

rangkaian dimmer lampu led

IC timer 555 memiliki tiga mode operasi yaitu Bistabil, Astabil, dan Monostabil. Dengan mengontrol fitur IC inilah kita dapat melakukan peredupan LED. Cara kerja nya dengan pengaturan waktu dari dan pengaturan siklus kerja disertai dengan kombinasi resistor dan kapasitor, sehingga dapat memvariasikan jumlah daya yang dikirim ke rangkaian dan mengatur lebar pulsa dari intensitas sinyal Led yang dikendalikan.

Komponen LED dimmer baterai 12V

Sebelum memulai untuk membuat rangkaian dimmer LED, terlebih dahulu persiapkan macam-macam komponen yang dibutuhkan. Berikut ini merupakan komponen dan alat yang akan digunakan dalam rangkaian dimmer led baterai 12V.

  • 555 Timer IC
  • 1KΩ Resistor x 6
  • LED merah x 4
  • 2N2222 NPN Transistor
  • 0.1μF Kapasitor
  • 0.01μF Kapasitor
  • Potensiometer 50KΩ
  • 1N4148 Dioda
  • Baterai 12V
  • Breadboard

Skema dan Rangkaian Kerja LED dimmer baterai 12V

Baterai 12VDC digunakan untuk memberi daya pada seluruh rangkaian termasuk IC timer 555 dan LED. Sama seperti light dimmer baterai 9V, IC Timer 555 digunakan untuk menghasilkan sinyal PWM dengan bantuan beberapa komponen pasif.  Sinyal PWM yang dihasilkan kemudian diterapkan ke sekelompok LED berdasarkan Siklus Tugas Sinyal PWM sehingga intensitas LED bisa tinggi atau rendah.

rangkaian dimmer lampu led

Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah untuk menghasilkan Sinyal PWM Modulasi Lebar Pulsa dengan bantuan IC Timer 555 dan memvariasikan daya yang dikirim ke LED.

Begitulah tutorial dalam membuat rangkaian dimmer lampu led sederhana menggunakan IC Timer 555 dan baterai 9V dan 12V. Masih mengenai pembahasan dimmer, pada artikel selanjutnya kita akan membuat rangkaian  Dimmer untuk Lampu LED 220V AC dan rangkaian dimmer AC pada kipas angin.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top