rangkaian LDR lampu otomatis

Rangkaian ldr lampu otomatis – Salah satu bentuk rangkaian elektronika sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari adalah saklar lampu otomatis menggunakan sensor LDR yang diatur oleh cahaya. Rangkaian ini bisa diterapkan terutama untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis.

Kita bisa menggunakan sistem rangkaian ini pada lampu taman atau lampu teras rumah. Sehingga kita tidak perlu lagi menghidup matikan lampu pada saat hari telah sore atau gelap. Lampu akan bisa menyala dengan sendirinya ketika hari sudah menjelang gelap.

Sensor yang kita gunakan untuk mengatur waktu nyala dan mati lampu adalah sensor ldr atau Light Depending Resistent. Atau dikenal dengan nama sensor cahaya. Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu otomatis merupakan rangkaian sederhana tapi bermanfaat dan berguna untuk pensaklaran otomatis berdasarkan intensitas cahaya (matahari).

Cara kerja sensor LDR

LDR merupakan kepanjangan dari Light Depence Resistance, merupakan bagian dari keluarga resistor dari jenis variable resistor. Pada dasarnya LDR merupakan komponen pasif yang memiliki hambatan listrik. akan tetapi nilai hambatan listrik dari LDR dapat berubah ubah sesuai dengan perubahan intensitas cahaya yang diterimanya. LDR merupakan komponen penting di dalam rangkaian ini. Karena sensor ini bertugas untuk mengidentifikasi kondisi pencahayaan di sekitarnya.

rangkaian ldr lampu otomatis

Pada sisi permukaan bagian atas LDR terdapat lapisan bahan peka cahaya dengan nilai hambatan yang berubah ubah. Semakin besar cahaya yang diterima oleh permukaan sensor, maka nilai hambatan pada sensor tersebut akan semakin turun. dan sebaliknya semakin sedikit cahaya maka nilai resistansinya akan naik. Range nilai sensor LDR pada umumnya yaitu antara 500Ω – 200kΩ.

Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu LED otomatis

Sebelum mengetahui Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu otomatis AC 220V, disini saya akan menjelaskan Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu LED. Dimana nantinya lampu LED ini digunakan sebagai indikator untuk saklar lampu AC 220V. Rangkaian ini sangat sederhana karena menggunakan komponen yang sedikit, jadi kita dapat memudahkan kita dalam memahami cara kerja dan penggunaan sensor LDR ini. adapun komponen yang digunakan adalah sebagai berikut.

Komponen yang diperlukan

  • Resistor 470 Ohm dan 100K
  • Relay 5V NO
  • LDR
  • LED
  • Transistor BC547
  • Baterai 3-5 VDC

Adapun cara kerja dan skema rangkaiannya adalah sebagai berikut.

Cara kerja dan skema rangkaian lampu LED otomatis

Ketika ruang gelap, maka resistansi LDR akan tinggi sehingga arus positif mengalir ke kaki basis transistor. Ketika tegangan kerja mencukupi, arus dari collector ke emitor sehingga menyebabkan transistor ON dan lampu menyala.

Baca juga : Cara pasang relay 5 kaki

Kondisi saat tidak ada cahaya, Lampu LED menyala

Ketika ruangan menjadi terang, maka LDR akan menjadi rendah dan tegangan basis menjadi 0, sehingga transistor tidak bekerja dan LED menjadi OFF

Kondisi saat ada cahaya, Lampu LED mati

Pada gambar dibawah ini merupakan hasil dari pengujian yang sudah saya terapkan pada rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu LED

Sekarang kita lanjut membahas Rangkaian Sensor LDR untuk saklar otomatis lampu AC 220V.

Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu otomatis

Setelah mengetahui Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu LED, barulah kita belajar cara membuat Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu AC 220V. Rangkaian ini merupakan pengembangan dari rangkaian sebelumnya, karena menambahkan beberapa komponen yaitu sebagai berikut :

Komponen yang diperlukan

  • Resistor 470 Ohm
  • Relay 5V NO
  • LDR
  • Resistor 1k ( 2 buah )
  • LED
  • Lampu AC
  • Transistor BC547 (2buah)
  • Baterai 9-12 V

Pada skema rangkaian sensor cahaya LDR ini kita menggunakan sumber tegangan DC 9V yang digunakan untuk menghidupkan dan mengatur nyala lampu AC220V.

Rangkaian kerja

Jika ada intensitas cahaya banyak yang terkena pada sensor LDR maka Q2 akan akan bekerja dan mengalirkan arus ke relay. Dalam kondisi ini LED akan menyala dan relay akan aktif yang membuat lampu akan mati.

rangkaian ldr lampu otomatis
Kondisi saat ada cahaya, Lampu LED nyala tapi lampu OFF

Jika ada intensitas cahaya sedikit / menjauh pada sensor LDR maka Q1 akan akan bekerja dan mengalirkan arus ke relay. Dalm kondisi ini LED akan redup dan relay akan OFF yang membuat lampu akan mati.

rangkaian ldr lampu otomatis
Kondisi saat ada cahaya, Lampu LED redup tapi lampu ON

Rangkaian Sensor LDR lampu otomatis dengan Relay 12V

Pada skema rangkaian dibawah ini merupakan rangkaian lampu otomatis paling sederhana dibandingkan pada rangkaian sebelumnya. Disini kita hanya menambahkan potensiometer yang digunakan untuk mengatur kepekaan pada sensor LDR

rangkaian ldr lampu otomatis

Jika ada intensitas cahaya mendekati sensor LDR maka Q1 akan akan bekerja dan mengalirkan arus ke relay sehingga lampu AC 220V akan menyala.

Begitulah beberapa rangkaian LDR saklar otomatis untuk lampu AC 220V. Gambar dibawah ini merupakan salah satu rangkaian yang telah saya uji dan berhasil.

Adapun videonya nanti akan menyusul, karena tidak sempat meluangkan waktu untuk konten youtube lagi. Alasannya karena banyak yang nonton tapi tidak subsribe keterbatasan waktu dan passion untuk membuat video sudah berkurang.

Terima kasih, silahkan dicoba dan semoga berhasil !!!

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top