Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

Rangkaian Saklar tepuk tangan yang saya buat pada project kali ini menggunakan IC Timer 555 dan terdiri dari mikrofon kondensor untuk memilih suara tepukan dan mengubah dari energi suara menjadi energi listrik yang kemudian digunakan untuk memicu output timer 555 di mana LED terhubung.

Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

BACA JUGA : Cara membuat power supply Variable Digital

Pinout IC Timer 555

Komponen utama dari rangkaian Saklar tepuk ini adalah IC Timer NE555 yang memiliki frekuensi osilasi mulai dari 670 hingga 680 Hz. IC timer NE555 pada rangkain yang kita buat bertindak sebagai Monostable Multivibrator. Multivibrator Monostable (MMV) adalah rangkaian generator pulsa di mana durasi pulsa ditentukan oleh jaringan R-C, terhubung secara eksternal ke IC 555 timer.

Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

 

Dalam Monostable Multivibrator, satu keadaan keluaran stabil sementara yang lain tidak stabil (unstable). kondisi awal standby pada kondisi low dan high selama selang waktu tertentu setelah dipicu. Untuk pemicuan otomatis keluaran dari keadaan unstable ke keadaan stabil, energi disimpan oleh kapasitor yang terhubung secara eksternal ke tingkat referensi. Waktu yang dibutuhkan dalam penyimpanan menentukan lebar pulsa.

Komponen Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

Berikut beberapa komponen yang harus dipersiapkan :

Rangkaian Kerja Saklar tepuk IC Timer 555

Suara yang keluar dari mikrofon kondensor diubah menjadi energi listrik dan meningkatkan energi potensial di kaki basis transistor, sehingga transistor Q1 terbuka.

Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555

Begitu transistor menjadi terbuka, tegangan akan menjadi rendah (di bawah Vcc/3) sehingga memicu IC 555 pada Pin 2. Output PIN3 akan tinggi dan pulsa clock positif akan diterapkan pada Flip-flop internal, yang membuat Flip-flop merespon sehingga LED akan menyala. Keadaan SET flip flop ini akan terus berlangsung sampai pulsa clock berikutnya.

Penggunaan

Dengan penambahan rangkaian flip flop maka rangkaian ini bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan relay. Untuk menyalakan berikan satu tepukan dan untuk mematikan kembali berikan tepukan. Rangkaian sakelar tepuk tangan juga dapat digunakan di peralatan listrik apa pun seperti Kipas Angin, Radio, atau rangkaian dasar lainnya yang ingin Anda nyalakan dengan menggunakan Suara.

1 komentar untuk “Rangkaian Saklar tepuk IC Timer 555”

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top