Rangkaian solenoid valve dengan Modul Relay dan arduino

Pada artikel kali ini kita akan belajar cara menghubungkan solenoid valve dengan arduino. Adapun solenoid valve yang saya bahas disini adalah yang mempunyai tegangan kerja 12VDC dan biasa disandingkan dengan water flow sensor yang biasanya digunakan untuk sistem otomatis pada saluran air. Ada beberapa cara untuk menghubungkan solenoid valve ke arduino, namun yang akan saya bahas disini menggunakan Modul relay. Untuk itu mari kita mengenal apa itu Solenoid valve ?

Apa itu solenoid valve ?

Solenoid Valve atau Katup solenoid adalah katup elektromekanis yang digunakan untuk mengontrol aliran cairan. Solenoid valve memiliki mekanisme buka dan tutup katup di lubang keluaran dan lubang masukan. Lubang masukan berfungsi sebagai tempat cairan masuk, Sedangkan lubang keluaran berfungsi sebagai tempat cairan keluar yang dihubungkan ke beban. buka dan tutup katup sederhana yang dioperasikan oleh solenoid. Katup solenoid banyak digunakan di berbagai peralatan dan perangkat, seperti mesin cuci, sistem irigasi otomatis, mesin pengisi, dll.

Cara kerja Solenoid Valve

Dalam hal koneksi dan operasi, cara kerja Solenoid Valve mirip dengan relay. Kedua perangkat tersebut dioperasikan oleh gaya elektromagnetik yang diterapkan pada kontak bergerak. Solenoid Valve dasar terdiri dari solenoida, plunger, pegas, dan badan katup. Katup dapat berupa Biasanya Terbuka atau Biasanya Tertutup.

Dalam katup yang biasanya tertutup, jika tidak ada muatan yang diterapkan ke koil, katup tetap dalam posisi tertutup. Demikian pula, katup yang biasanya terbuka tetap terbuka sampai pasokan listrik diterapkan ke solenoida.

Ketika arus listrik dilewatkan melalui solenoid itu menghasilkan medan magnet. Dengan gaya magnet plunger atau inti yang terbuat dari bahan feromagnetik akan ditarik. Dan ketika koil tidak diberi energi, pegas mendorong kembali plunger dan menahan posisi normal tanpa adanya gaya magnet.

Cara menghubungkan solenoid valve arduino dan modul relay

Ada beberapa langkah untuk menghubungkan solenoid valve arduino dan modul relay, yakni sebagai berikut :

  • Persiapan komponen
  • Merangkai Skema rangkaian
  • Pembuatan Kode Program

Persiapan komponen

Untuk menghubungkan solenoid valve arduino dan modul relay, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan beberapa komponen berikut ini !

  • Solenoida Valve DC 12V
  • Arduino UNO
  • Module relay single Channel 5V
  • Power supply 12VDC
  • Kabel USB
  • Kabel Jumper

Skema rangkaian solenoid valve, modul relay dan arduino

Gambar dibawah ini merupakan skema rangkaian untuk menghubungkan solenoid valve dengan arduino dan modul relay. Silahkan dihubungkan seperti gambar dibawah ini.

Keterangan :

  • Pin 5 volt Arduino dihubungkan dengan pin VCC modul relay.
  • Hubungkan pin GND Arduino ke pin GND modul relai.
  • Pin digital-12 Arduino dihubungkan ke pin IN modul relai.
  • Hubungkan modul relay ke kabel positif dari suplai DC 12 volt dan kabel positif katup solenoid, seperti yang ditunjukkan pada gambar rangkaian.
  • Pasang kabel negatif suplai DC 12 volt ke kabel negatif katup solenoid.

Solenoid valve tersedia dengan tegangan operasi 6V, 12V, 24V, 120V, 240V. Di sini sirkuit memiliki solenoida DC 12V dan ditenagai oleh catu daya eksternal.

solenoid valve dapat dihubungkan ke arduino melalui perantara modul relay. Sebagian besar modul relay memiliki optocoupler bawaan, Sehingga dapat memastikan isolasi pada board arduino dari rangkaian eksternal. Dengan menghubungkan modul relay dapat mengoperasikan katup solenoid dengan rentang tegangan operasi yang lebar.

Kode Program

Setelah skema rangkaian solenoid valve dengan arduino dan modul relay sudah selesai, maka langkah selanjutnya dalam mengintegrasi solenoid valve dengan arduino adalah dengan membuat program. caranya anda tinggal salin kode program dibawah ini lalu upload pada software Arduino IDE.

/*
Mengakses Selenoid valve dengan arduino
praktekotodidak.com
*/
  void setup()   
  {   
  pinMode(12,OUTPUT); // RELAY PIN   
  digitalWrite(12,HIGH); // Modul Relay aktif high
  }   
  void loop()    
  { 
  //Buka katup selama 5 detik 
  digitalWrite(12,LOW); // RELAY ON   
  delay(5000);   
  //Tutup katup selama 5 detik
  digitalWrite(12,HIGH); // RELAY OFF   
  delay(5000);   
  }

Aplikasi penggunaan Solenoid valve Arduino

Berikut ini merupakan aplikasi atau penggunaan solenoid valve yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa menerepkan solenoid valve dan arduino ini untuk berbagai hal, antara lain :

  • Wastafel otomatis
  • Pengisi air galon otomatis
  • Smart water meter
  • Water level kontrol
  • Sebagai saklar otomatis pada saluran air,gas, cairan dll

Begitulah cara menghubungkan solenoid valve arduino. Diantara beberapa penerapan solenoid valve diatas, mungkin salah satunya akan saya buat dan tentu akan dishare disini. Sampai ketemu di lain kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top