rumus vlookup Excel

PENGERTIAN VLOOKUP EXCEL

VLOOKUP Excel adalah Rumus yang berfungsi untuk mencari atau mengambil suatu nilai dari tabel data secara vertikal berdasarakan kata kunci tertentu. Dengan kata lain, anda dapat mengambil data pada Tabel Sumber atau Range Data berdasarkan kata kunci yang anda tentukan.

Awalan huruf “V” didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Kebalikan dari Fungsi Vlookup adalah Fungsi Hlookup. Kedua fungsi ini (Hlookup dan Vlookup) merupakan fungsi excel yang lebih spesifik dari Fungsi Lookup yang bisa digunakan untuk data vertikal maupun horisontal.

BACA JUGA : cara membuat nomor otomatis excel

CARA MENGGUNAKAN VLOOKUP

Fungsi Vlookup excel memiliki empat argument yaitu :

Syntax = VLOOKUP (NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])

NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.

TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.

NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.

RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.

TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.

FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

CONTOH RUMUS VLOOKUP EXCEL

Perhatikan contoh sederhana Rumus Vlookup excel berikut ini :

rumus vlookup excel

=VLOOKUP(C8;A1:E6;2;FALSE)

Rumus Vlookup diatas untuk mencari nilai angka 2 (Sel C8). Angka 2 ditemukan pada baris ke-3 dari tabel data A1:E6 pada nomor kolom (dua). Jika ingin mencari nilai atau data lainyya, kita tinggal mengubah Nomorkolom nya saja seperti gambar dibawah ini :

rumus vlookup excel

Jika menggunakan RangeLookup “False” dan data tidak ditemukan maka Rumus Vlookup menghasilkan pesan kesalahan #NA seperti gambar dibawah ini.

=VLOOKUP(C7;A1:E6;2;FALSE)

Rumus Vlookup pada gambar diatas yaitu untuk mencari nilai (sel c7) yang mana pada baris tersebut tidak terdapat kata kunci tertentu sehingga menghasilkan nilai #NA.

Jika RangeLookup kita kosongkan atau “TRUE, maka nilai pada kolom pertama TabelReferensi harus ditempatkan dalam urutan naik, jika tidak, maka kemunginan tidak dapat menghasilkan nilai yang benar seperti contoh gambar dibawah ini :

Seperti pada gambar diatas, Angka 2 tidak ada atau ditemukan pada kolom pertama. Maka dari itu Vlookup mengambil nilai yg mendekati nilai yg dicari.

Begitulah penjelasan mengenai rumus Vlookup pada Excel, dengan menggunakan fungsi Vlookup, maka kita akan sangat membantu ketika mencari data serta mengambil data yang spesifik dari sebuah tabel yang referensinya berdasarkan nilai tertentu.

Sesuai dengan namanya Vertical Lookup, maka proses pencarian datanya dilakukan secara vertikal. Selain itu pada program Excel juga memiliki fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal, yaitu HLOOKUP yang bisa anda baca DISINI

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top