Setting Userman Sebagai Hotspot MikroTik

Setting mikrotik userman – User Manager atau yang disingkat dengan Userman adalah fitur radius server yang terdapat pada MikroTik yang berfungsi untuk autentikasi login users. Radius (Remote Authentication Dial In User Service) merupakan protokol jaringan yang menjalankan management service secara terpusat yang mempunyai fitur AAA (Authentication, Authorization dan Accounting). Jadi, dengan menggunanakan Userman akan memudahkan kita dalam membuat layanan jaringan yang didistribusikan secara luas.

Baca Juga : Install Userman dan NTP Client di Router MikroTik

Pada artikel ini saya akan membahas cara setting Userman sebagai sistem voucher Hotspot. Nantinya anda dapat membuat voucher dengan jumlah berapapun hanya cukup dengan sekali generate dan bisa langsung dicetak menggunakan printer. Userman digunakan untuk management, database user, dan menyimpan informasi service lainnya ke dalam database UserManager sehingga bisa kita gunakan untuk sistem hotspot

Cara Setting Hotspot Mikrotik

Sebelum ke pembahasan cara setting mikrotik userman, ada beberapa tahap yang harus dilakukan apabila anda ingin membuat sistem voucher hotspot yang digunakan untuk RT/RW Net, ataupun untuk hotspot di rumah, cafe, dan lain-lain.

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini secara berurutan yang mana telah saya sisipkan link tutorialnya.

1. Hubungkan MikroTik ke internet

Silahkan dibaca : Menghubungkan Mikrotik Ke Internet

2. Update Mikrotik

Silahkan dibaca :

Upgrade dan Downgrade RouterOS Mikrotik

Upgrade Firmware Mikrotik

3. Install userman dan NTP client di router MikroTik

Silahkan dibaca : Install userman dan NTP client di router MikroTik

4. Membuat hotspot di mikrotik

Silahkan dibaca : Cara Membuat Hotspot Mikrotik

Setting Userman Sebagai Voucher Hotspot MikroTik

Setelah anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas, maka langkah selanjutnya kita akan ke pembahasan cara setting userman sebagai voucher hotspot MikroTik. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Klik menu ”RADIUS” lalu  klik tanda ”+”
  • Pada menu “Service” centang hotspot
  • Di bagian “Address” isi dengan : 127.0.0.1
  • Lalu di bagian ”Protocol” pilih ”udp”
  • Pada ”Secret” isi password yang akan digunakan di userman
  • Terakhir klik ”OK” untuk menyimpan

Langkah selanjutnya, kita akan setting profile hotspot agar menggunakan RADIUS. Hal ini diperlukan karena agar hotspot bisa membaca user yang terdapat di dalam database userman. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Klik menu IP > hotspot > server profiles
  • Lalu centang dibagian ”Use RADIUS”
  • Terakhir klik ”OK” untuk menyimpan
setting mikrotik userman

Login Hotspot Userman

Setelah anda sudah melakukan setting mikrotik userman, maka langkah terakhir kita akan melakukan pengecekan dengan cara login hotspot Userman. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka browser (chrome,firefox,dll)
  • Ketikkan “http://ip-router/userman”. Cth : http://192.168.14.1/userman
  • Login dengan user: ”admin” dan password dikosongkan

Jika user manager hotspot anda masih tidak dapat dibuka di browser, silahkan dibaca pada link berikut ini : Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Userman

Penutup

Begitulah cara setting userman sebagai voucher hotspot MikroTik. Langkah selanjutnya kita akan membuat voucher, jenis paket, dan menentukan limit yang akan digunakan untuk voucher hotspot. Namun untuk tutorialnya saya akan buat artikelnya secara terpisah yang dapat anda baca : Cara Buat Voucher Userman

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top