Teks Perintah Tabel Routing Pada Windows

Terdapat dua command atau teks perintah yang dapat digunakan untuk melihat tabel routing pada windows yaitu Route Print dan Netstat -rn. Pada artikel ini akan menjelaskan cara melihat tabel routing pada windows menggunakan kedua command line tersebut. Namun untuk lebih jelas, mari kita ketahui dulu apa itu Command, Routing, & Tabel routing.

Pengertian Command, Routing, & Tabel routing

Command atau disebut juga dengan teks perintah, merupakan instruksi atau perintah untuk melakukan sesuatu yang ada di sistem komputer. 

Routing adalah sebuah proses penjaluran paket data dalam sebuah jaringan. Proses routing ini, biasanya menggunakan hardware berupa router. Adapun fungsinya adalah untuk mengirim atau meneruskan sebuah paket jaringan dan menghubungkan network/jaringan yang berbeda segment.

Tabel routing atau routing table adalah, sebuah tabel yang berisikan beberapa infomasi seperti  ip tujuan, subnet mask, gateway, metric, dll. Routing tabel ini nantinya akan menjadikan acuan sebuah komputer atau router dalam menentukan jalur routing. Jadi routing tabel ini diibaratkan sebuah peta yang menentukan arah tujuan.

Teks Perintah Untuk Melihat Tabel Routing di OS Windows

1. Route Print

Cara pertama untuk melihat tabel routing dalam windows adalah dengan menggunakan command “route print”. Perintah ini dapat anda lakukan menggunakan cmd atau windows powershell. Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol “Windows” dan “R” di keyboard.
  • Lalu ketikan cmd dan tekan enter.
  • Berikutnya ketikan “route print”. sehingga akan tertampil informasi tabel routing.

2. Netstat -rn

Cara kedua untuk melihat tabel routing dalam windows adalah menggunakan perintah “netstat -rn“. Adapun Langkah-langkahnya masih sama seperti cara yang pertama yaitu menggunakan cmd atau windows powershell. Adapun informasi yang di tampilkan dari kedua perintah tersebut juga teetap sama, hanya berbeda perintahnya saja

tabel routing pada windows

Informasi dalam routing tabel pada windows

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa terdapat informasi tabel routing, baik itu untuk ip address v4 dan ip address v6. Sedangkan informasi yang dapat dijadikan pedoman komputer, dalam menentukan jalur routing ada di bagian “active routes”.

Pada bagian ini terdapat beberapa informasi dalam routing tabel pada windows, yaitu ;

  • Network destination, yaitu network tujuan, atau network host pada jaringan komputer.
  • Netmask, wildcard mask/subnet mask dari network tujuan/destination.
  • Gateway, adalah next hop atau simpelnya ip pertama yang komputer/laptop lewati.
  • Interface, interface disini berisikan ip address dari pc kita.
  • Metric, adalah sebuah nilai dari 1 hingga 9999. Angka metric terkecillah yang akan menjadi best path (jalur routing yang terpilih)/jalur terbaik untuk dijadikan rute routing.

Cara membaca tabel routing

Setelah kita mengetahui beberapa informasi dalam routing tabel pada windows, maka pada pembahasan terakhir saya akan menjelaskan bagaimana cara membaca tabel routing di windows tersebut. Perhatikasn pada gambar table routing diatas, sebagai contoh disini saya akan mengambil baris awal, dimana informasi di dapat yaitu

  • network destination 0.0.0.0
  • netmask 0.0.0.0 
  • gateway 192.168.0.1 
  • interface 192.168.0.103
  • metric 50.

pada baris awal tersebut disebut default route. Arti 0.0.0.0 dalam network destination tersebut maksudnya, untuk mencangkup semua network yang tidak ada didalam tabel routing, contohnya internet. Cara bacanya, di pc kita (192.168.0.103) mempunyai default route dengan default gateway 192.168.0.1.

Menambahkan route statik pada tabel routing

Untuk menambahkan Route Statik, disini kita dapat mengetikkan perintah dibawah ini:

route ADD destination_network MASK subnet_mask  gateway_ip metric_cost

Dari perintah diatas, Komponen subnet_mask dan metric_cost adalah opsional.

Subnet mask 255.255.255.0 akan digunakan secara otomatis jika anda tidak menentukan subnet mask nya.

Nilai metrik hanyalah biaya yang relatif terhadap biaya lain dalam tabel dan digunakan saat Windows memutuskan di antara beberapa rute yang dapat mencapai tujuan yang sama. Jadi, apabila anda tidak menentukan nilai metrik, biaya yang lebih besar dari entri tujuan adalah 0.0.0.0 akan digunakan secara default.

Contoh :

Misalnya, jika Anda ingin menambahkan route yang menetapkan bahwa semua lalu lintas yang terikat untuk subnet 192.168.105.0 pergi ke gateway di 192.168.0.1 dan Anda hanya ingin menggunakan sebagai metrik otomatis, Maka Anda dapat menggunakan perintah berikut:

route ADD 192.168.105.0 MASK 255.255.255.0 192.168.0.1

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top