Web Proxy MikroTik : pengertian, cara kerja, manfaat, serta penerapannya

Pada artikel kali ini kita akan membahas Web proxy di mikrotik yang dimulai dari pengertian, cara kerja, fungsi hingga cara setting nya. Mari kita bahas satu persatu ..

Pengertian Web Proxy MikroTik

Web proxy merupakan salah satu fitur di Mikrotik yang dapat digunakan sebagai perantara antara client atau browser pengguna dengan dengan server yang ada di Internet. Fungsi dari Proxy diantarnya adalah untuk menghemat bandwidth, mempercepat koneksi jaringan dan memblok situs web.

Cara Kerja Web Proxy

Pada saat pertama kali pengguna mengakses sebuah situs, maka browser akan mengirim HTTP request ke proxy server di jaringan tersebut. Setelah itu, proxy server akan mencocokan dan mencari data yang di minta. Apabila data yang dicari itu tidak ada di dalam server, maka proxy akan membuat HTTP request baru ke web server pada situs yang di tuju.

Web proxy di Mikrotik

Jika data web tersebut sudah di Response oleh web server, maka data yang di dapatkan akan disimpan dulu oleh proxy. Setelah itu proxy akan mengirimkan data tersebut ke browser pengguna yang sebelumnya sudah melakukan HTTP request.

Fungsi Web Proxy Mikrotik

Berikut ini merupakan fungsi dan manfaat jika anda mengaktifkan Web Proxy pada Mikrotik :

Caching Content

Web Proxy dapat menyimpan beberapa konten web, lalu akan digunakan lagi jika ada permintaan pada konten tersebut. Sebagai contoh, jika user/pengguna ingin mengakses twitter.com, maka file-file yang ada pada web tersebut seperti image, script, dll akan tersimpan oleh web proxy.

Jika user/pengguna ingin kembali mengakses twitter dengan tidak menggunakan koneksi internet, maka halaman twitter masih dapat terbuka dengan mengambil data file dari cache proxy. Dengan adanya caching content inilah yang dapat mempercepat koneksi serta menghemat bandwidth pemakaian pada user.

Filtering

Anda dapat membatasi akses konten-konten, ekstensi file, ataupun situs tertentu yang di-request oleh client. Selain itu, anda juga dapat melakukan redirect atau pengalihan ke situs lain.

Logging

Web proxy akan mencatat semua permintaan dan respons yang melewati proxy. Anda dapat memonitor aktivitas pengguna seperti memantau penggunaan bandwidth, dan melacak kegiatan yang mencurigakan.

Connection Sharing

Komputer user tidak akan terhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet. Hal ini dapat meningkatkan level keamanan pada jaringan anda.

Kekurangan Web Proxy MikroTik

Penggunaan web proxy juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

Masalah Privasi : Web proxy dapat menimbulkan masalah privasi data pengguna dapat melewati proxy dan terekam dalam log.

Konten yang tidak terbarukan : Jika halaman web sudah dicache oleh proxy, maka pengguna mungkin tidak akan melihat perubahan terbaru yang terjadi pada halaman web tersebut  sampai cache diperbarui.

Ketergantungan terhadap Proxy : Jika ada masalah atau kegagalan pada web proxy, maka akses internet bagi pengguna juga akan terganggu.

Kapasistas Memory Mikrotik : Pemakaian resource pada memori internal Mikrotik akan jadi lebih berat.

Walaupun terdapat kekurangan, tapi manfaat yang diberikan oleh Web Proxy MikroTik jauh lebih besar dari pada kelemahannya.

Setting Web Proxy MikroTik

Fitur Web proxy pada Mikrotik membutuhkan Resource memori dan CPU yang lebih besar. Oleh karena itu, jika ingin mengaktifkan fitur ini maka anda harus mengetahui kapasitas memori dan CPU pada Mikrotik yang anda gunakan.

Apabila pemakaian resource pada Mikrotik sudah penuh, maka akan menimbulkan permasalahan seperti koneksi internet menjadi lambat dan Router Mikrotik anda akan error atau hang.

Namun anda dapat mengatasinya dengan cara menambahkan memory external seperti USB Flashdisk, MicroSD. Tutorialnya dapat anda baca di : Menambah Kapasistas Memori Mikrotik

Mengaktifkan Web Proxy di Mikrotik

Langsung saja, berikut cara mengaktifkan Web Proxy di Mikrotik

  • Login ke Winbox lalu masuk ke menu IP  > Web Proxy
  • Pada tab General centang pilihan Enabled
  • Isi Port yang akan digunakan oleh Proxy, misalnya port 8080
  • Di bagian Cache Administrator tambahkan email anda selaku Admin
  • Isi Max. Cache Size sesuai kebutuhan atau bisa pilih unlimited.
  • Centang opsi Cache On Disk agar dapat disimpan pada hardisk MikroTik dan bukan pada RAM
  • Klik Apply > OK untuk menyimpan
Web proxy di Mikrotik

Konfigurasi tranparent Mikrotik

Setelah web proxy sudah diaktifkan, langkah selanjutnya adalah membuat NAT untuk mengalihkan (redirect) Traffic data HTTP (port 80) ke port yang digunakan proxy yaitu 8080. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke menu IP  > Firewall > NAT > ”+”, lalu isikan data berikut pada tab ‘General’

  • kolom Chain=dstnat;
  • Protocol : tcp;
  • Dst. Port : 80
Web proxy di Mikrotik

2. Setelah itu pindah ke tab Action isi sebagai berikut :

  • Action : redirect 
  • To Ports : 8080

3. Klik apply dan ok untuk menyimpan

4. Selanjutnya, buka menu IP > Web Proxy.

5. Masuk tab Status dan klik Connections.

Jika sudah terdapat beberapa IP yang ditampilkan, maka transparent Proxy Mikrotik anda sudah berjalan.

Blokir Situs Melalui Web Proxy MikroTik

Tahap selanjutnya kita akan memblokir sebuah situs di Mikrotik menggunakan web proxy. Salah satu contoh situs yang akan kita blokir pada tutorial ini adalah kompas.com. Adapun langkah-langkahnya masih dalam kotak dialog Web Proxy Setting, lalu ikuti pengaturan sebagai berikut :

  • Klik Menu Access lalu klik tombol Add ( + )
  • Dst Host :  www.kompas.com
  • Action : deny.
  • Klik tombol Apply dan Ok.

Silahkan ulangi perintah diatas jika anda ingin menambah nama website yang akan di blok.

Percobaan

Jika kita mengakses http://www.kompas.com/ maka ada tampilan error access denied seperti tampak gambar dibawah ini.

Apabila kita mengakses menggunakan https://www.kompas.com/, maka website tersebut akan muncul seperti biasa. Hal ini karena website yang menggunakan https tidak akan bisa diblokir.

Hal ini merupakan kelemahan dari web proxy jika anda ingin blokir Situs Di Mikrotik menggunakan web proxy. Oleh sebab itu, apabila anda ingin memblokir sebuah situs https maka sebaiknya menggunakan fitur layer 7 protocol. Adapun tutorialnya bisa anda lihat pada link berikut : blokir Situs menggunakan fitur layer 7 protocol

Begitulah pembahasan mengenai fitur Web proxy di Mikrotik. di mulai dari pengertian, cara kerja, manfaat, serta penerapannya. Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top